Penyebab Kegagalan Dalam Bisnis Online yang Paling Umum


Sebenarnya apa penyebab kegagalan dalam bisnis online yang sering terjadi pada para pemula? Padahal banyak yang mengatakan bahwa bisnis online itu adalah bisnis yang cenderung lebih mudah dikerjakan dan lebih murah dibanding dengan bisnis offline. Selain itu, sekarang ini ada banyak sekali kursus dan workshop yang membahas tentang bisnis online, baik untuk para pemula maupun yang sudah lama berkecimpung di bisnis internet. Namun faktanya, lebih banyak orang yang gagal ketimbang yang berhasil menjalankan bisnis online.

Apa sebabnya? Simak penjelasan ringkasnya di artikel ini.

Penyebab Kegagalan Dalam Berbisnis Online


Ada banyak penyebab kegagalan dalam berbisnis online. Namun, ada beberapa penyebab yang sebenarnya sudah umum tapi sering disepelekan. Berikut ini adalah beberapa penyebab kegagalan dalam bisnis online yang sering terjadi, baik di kalangan pemula maupun yang sudah lama berbisnis online.
  1. Mindset Salah : Penyebab Kegagalan dalam Bisnis Online

    Mindset (pola pikir) yang benar sangat dibutuhkan ketika kita mulai belajar dan menjalankan bisnis online. Mereka yang punya mindset yang tepat punya peluang sukses lebih besar dalam bisnis online ketimbang mereka yang punya minset yang salah. Lalu apa saja contoh mindset yang salah itu?
    - Menganggap bisnis internet itu bisnis cepat kaya
    - Berpikir bahwa usaha online bisa sukses tanpa modal sama sekali.
    - Menyepelekan dan menganggap bisnis online itu mudah.
    - Dan lain-lain.
    Pola pikir seperti ini sangat menghambat seseorang untuk berkembang, bahkan justru akan menjerumuskan orang tersebut. Saat memulai bisnis online, sebaiknya pola pikir kita fokus pada hal-hal yang bisa mendukung proses belajar dan praktek menjalankan usaha online.


  1. Kurangnya Pengetahuan Tentang Bisnis Online
  2. Tidak Fokus Menjalankan Bisnis Internet
  3. Tidak Serius Menjalankan Bisnis Online
  4. Tidak Mau Upgrade Skill Bisnis Online
  5. Kurang Inovasi
  6. Tidak Sabar dan Mudah Menyerah
  7. Keterbatasan Waktu dalam Belajar dan Praktek
  8. Bermental Gratisan
  9. Membuat Target yang Muluk-muluk

dashboardBisnis date_range22 Jul 2022 03:14pm