Retail

Pengusaha retail pada umumnya sering disebut sebagai pengecer, dikarenakan melakukan penjualan barang secara eceran kepada konsumen. Contoh usaha retail seperti minimarket, toko makanan, toko pakaian, toko buku, toko mainan, dan lain-lain. Bisnis retail umumnya transaksi penjualannya sangat rapat frekuensinya tapi nilainya tidak terlalu besar. Transaksi yang sangat sering membutuhkan pencatatan yang teliti, seperti pencatatan kas masuk, pencatatan hutang dagang dan yang lebih sulit adalah pencatatan mutasi antara barang masuk dan barang keluar, sehingga persediaan/stok barang sulit terkontrol.

Jika manajemen usaha retail tidak menggunakan teknologi, maka memerlukan tenaga dan ketelitian ekstra untuk mewujudkan pembukuan yang akurat. Tetapi dengan menggunakan Acosys maka banyak hal yang sulit itu menjadi sangat mudah.

Beberapa keuntungan menggunakan Acosys untuk usaha retail, diantaranya :

  1. Input pembelian dan pengontrolan hutang ke supplier sangat mudah karena otomatis akan tersimpan.
  2. Transaksi penjualan termasuk pencarian harga jual barang sangat mudah, sehingga dapat meminimalisasi kesalahan dalam memilih barang dan memberi harga jual.
  3. Retur barang ke supplier atau retur barang dari pelanggan mudah dikelola, karena rekaman transaksi penjualannya tersimpan di database Acosys.
  4. Laporan pembelian yang rinci dan dapat dilihat sewaktu-waktu, baik harian, mingguan ataupun bulanan.
  5. Laporan Penjualan yang lengkap dan rinci, seperti laporan penjualan per barang, per faktur dan per pelanggan.
  6. Perusahaan dapat melihat laporan laba kotor penjualan secara otomatis dan mudah.
  7. Laporan Persediaan Barang didukung dengan Laporan Arus Produk Masuk dan Keluar dan Histori Produk/Kartu Stok, sehingga mempermudah dalam mengontrol stok barang.
  8. Jika menggunakan fitur Akuntansi, perusahaan dapat melihat laporan keuangan seperti Laporan Laba/Rugi, Neraca, Buku Besar dan Laporan lainnya secara otomatis.