Lima Tipe Sales Person

Lima Tipe Sales Person

5 Tipe Sales Person

Banyak orang bertanya, “Saya bingung dengan tim sales saya! Katanya jago jualan, tapi begitu direkrut kok payah penjualannya?”
Atau ada juga yang mengeluh “Saya dulu melihat dia ahli jualan di toko, begitu saya suruh jualan produk perusahaan kok hasilnya nihil!”
Ternyata para penjual pun memiliki karakteristik yang berbeda-beda dan memiliki kesesuaian sendiri-sendiri dengan barang yang ia jual. Dengan memahami 5 tipe sales person ini, Anda akan memiliki kemampuan untuk mengorganisasi dan meng-upgrade tim sales Anda.

1. Emotional Sales
Inilah jenis penjual yang pandai membangun hubungan, memiliki social skill yang tinggi dan cepat akrab dengan calon pembeli. Namun, umumnya, mereka adalah jenis penjual jangka panjang yang tidak bisa langsung serta merta menghasilkan pembelian dengan cepat. Umumnya mereka akan cocok dengan produk-produk yang berhubungan dengan kebutuhan emosional (gengsi, rasa aman, dan sebagainya). Bagi para calon pembeli jenis Intim dan Stabil dan bahkan Dominan sekalipun (tipe dalam DISC), para Emotional Sales akan sangat menyenangkan dan membantu meningkatkan kemungkinan untuk mereka membeli produk.

2. Sales “Guru”
Inilah jenis sales yang sangat menguasai profil teknis produk. Ia disukai calon pembeli karena kefasihan dan kemampuannya untuk menjelaskan produk secara detail dan meyakinkan. Sales jenis ini sangat diperlukan untuk produk-produk yang berkaitan dengan hal-hal teknis seperti mesin, alat-alat seperti komputer, mesin fotokopi, atau otomotif. Jenis sales ini juga sangat disukai oleh para calon pembeli yang berkarakter DISC Cermat.

3. Sales “Konsultan”
Sales ini adalah sales yang memiliki kemampuan untuk menganalisa kebutuhan calon pembeli dan bisa memberikan saran kepada mereka. Bahkan sales jenis ini bisa menjadi teman diskusi yang menyenangkan dan tidak jarang menjadi teman “curhat” juga. Bagi para calon pembeli yang kurang cermat dan tidak banyak tahu apa maunya sendiri, jenis sales ini bisa sangat memikat hati mereka karena meyakinkan pembeli melalui saran-saran mereka. Ada berbagai macam produk yang bisa dijual oleh sales jenis ini, terutama yang berkaitan dengan keluasan spesifikasi dan variasi produk yang banyak.

4. Sales Retail
Mereka disebut sales retail karena sesuai dengan industri dan barang-barang retail. Sales ini memiliki kecepatan, respon yang sigap dan proaktif. Mereka memiliki penguasaan general yang baik terhadap berbagai macam produk yang ada dan yang terpenting, sales jenis ini biasanya kreatif dalam menjawab pertanyaan aneh-aneh dari calon pembeli. Bahkan begitu kreatifnya, mereka juga jago “nge-les”. Salah satu karakteristik sales ini juga adalah kemampuannya mengingat pelanggan dan order-order mereka yang banyak. Jenis sales ini cocok menghadapi tipe-tipe DISC Dominan, Stabil, maupun Intim, namun bisa menjadi masalah berhadapan dengan orang Cermat jika mereka tidak menguasai produk dengan baik.

5. Sales Virtual
Inilah jenis sales yang unik, yaitu mereka punya kemampuan menjual secara virtual. Artinya, mereka ahli merencanakan strategi menjual melalui email, internet, website, atau mungkin telepon, namun tidak ahli dalam menjual face to face. Umumnya, penjual ini adalah orang yang rajin di hadapan komputer dan siap sedia hampir setiap saat. Gadget dengan koneksi internet menjadi senjata andalannya. Sales jenis ini akan sangat powerful jika ia menguasai salah satu teknik internet marketing bernama “HypnoWriting”.

Apakah kita bisa memiliki lebih dari 1 tipe? Bisa saja. Adakah sales yang memiliki kelima karakteristik di atas? Tentu ada, namun jumlahnya sangat sedikit sekali. Selling dan marketing adalah sebuah ilmu yang bisa dipelajari dan dikuasai.

http://www.informasi-seminar.com