Ingin Cash Flow Bisnis Tetap Aman? Cobalah Tips Berikut Ini

Ingin Cash Flow Bisnis Tetap Aman? Cobalah Tips Berikut Ini

Dalam menjalankan aktifitas pengelolaan bisnis, kita harus pandai mengatur keuangan. Terutama yang berkaitan dengan manajemen finansial bisnis itu sendiri. Memang membangun brand dan menghasilkan tingkat penjualan yang tinggi sangat dibutuhkan, namun jika teman-teman tidak memperhatikan kesehatan cash flow pada perusahaan. Seberapapun besar hasil yang teman-teman dapatkan tidak akan sebanding dengan pengeluaran.
Definisi Cash Flow yang dalam arti sederhana adalah aliran kas yang masuk dan semua pengeluaran perusahaan memerlukan perhatian yang tinggi.
Jika teman-teman salah memanage cash flow bisnis, maka imbasnya pasti akan kemana-mana. Semua yang teman-teman bangun selama ini akan menjadi berantakan begitu saja. Maka penting kiranya untuk menjaga dan mengelola cash flow pada bisnis teman-teman tetap dalam keadaan yang sehat dan aman. Berikut adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk menjaga cash flow tetap aman.

1. Pelajari Biaya Produksi dan Pengeluaran

Untuk menarik pelanggan baru, salah satu cara yang efektif adalah dengan memberikan diskon. Namun tentu saja jika teman-teman menjual nya dengan harga di bawah harga pokok atau di bawah biaya produksi, itu tidak akan menciptakan positif cash flow, namun justru sebaliknya. Nah, artinya dalam setiap kali memberikan potongan harga teman-teman harus mempelajari terlebih dahulu mengenai biaya produksi atau biaya pengeluaran terhadap produk tersebut. Baru setelah itu, teman-teman bisa menghitung berapa besar diskon yang akan diberikan dengan tetap mempertimbangkan kesehatan cash flow.

2. Jaga Cash Flow Bisnis dengan Strategi Bundling

Teknik ini bisa teman-teman gunakan untuk menarik konsumen selain metode diskon secara langsung. Anda bisa menawarkan paket yang memadukan beberapa produk atau jasa dalam satu paket. Contoh sederhana misalnya, teman-teman menawarkan menu makanan yang dibuat satu paket dengan minuman dengan menawarkan harga khusus. Cara ini terlihat lebih menarik oleh konsumen, karena menawarkan nilai yang lebih dibanding dengan membeli satu persatu sebuah produk. Jadi strategi ini akan maksimal tergantung pada bagaimana pandainya Anda memadukan sebuah paket penawaran. Ini bisa menjaga arus kas tetap aman, karena cara ini lebih bisa meningkatkan sedikit harga dengan daya tawar yang tinggi terhadap konsumen.

3. Penawaran Harga Yang Lebih Tinggi

Berapa besar keuntungan Anda, tergantung seberapa tinggi penawaran yang Anda berikan. Kata-kata bijak tersebut bisa Anda terapkan di sini. Jadi untuk mendapatkan transaksi dengan nilai yang besar, Anda bisa menawarkan harga yang besar pula. Sehingga setidaknya para konsumen akan menawar dengan harga yang tidak jauh dari harga yang Anda tawarkan. Tapi juga harus memperhatikan standar harga yang ada. Jangan juga Anda membuat harga yang tidak logis pada konsumen. Harga tinggi yang pantas ada kalanya membuat konsumen lebih tertarik karena membuat mereka merasa lebih yakin dengan kualitas yang Anda tawarkan. Jadi jangan ragu untuk memberikan penawaran harga yang tinggi.

4. Mendorong Transaksi Berulang

Bagi Anda yang bergerak pada bisnis yang lebih menitik beratkan pada volume transaksi, maka mendorong transaksi berualang adalah hal yang harus Anda lakukan. Contohnya jika Anda berbisnis ritel, maka peluang bisnis untuk tumbuh besar sangat terbuka di sini. Untuk menjaga kesehatan cash flow bisnis Anda maka harus ada pengulangan transaksi sesering mungkin. Karena dalam bisnis yang mengutamakan volume transaksi, kadang belum mendapatkan keuntungan pada transaksi pertama atau kedua. Maka mendorong agar transaksi terus berulang adalah sesuatu yang paling tepat.

5. Penundaan Pengadaan Inventaris

Ini bisa sangat efektif sekali dilakukan untuk mencegah arus kas menjadi tidak stabil. Karena ketidak efektifan dalam memenuhi kebutuhan inventaris bisa sangat berpengaruh terhadap kesehatan cash flow bisnsi Anda. Penambahan fasilitas kapanpun juga akan tetap diperlukan untuk meningkatkan daya kerja bisnis Anda. Namun sedikit menunda terlebih dahulu juga diperlukan untuk menjaga arus kas agar tetap stabil. Artinya keamanan cash flow bisnis tetaplah menjadi prioritas utama. Perencanaan yang komprehensif dalam mengelola keuangan sebuah bisnis sangat diperlukan dalam hal ini. Jadi Anda bisa menata mana yang lebih diutamakan dan mana yang bisa ditunda dulu.

Sumber : www.maxmanroe.com