5 Manfaat Business Plan Yang Perlu Dipahami Pebisnis

5 Manfaat Business Plan Yang Perlu Dipahami Pebisnis

Bagi seorang entrepreneur, menjalankan roda bisnis tentu merupakan sebuah langkah yang menciptakan tantangan tersendiri. Hal ini karena bisnis yang dijalankan bisa memunculkan dua kemungkinan sukses atau gagal. Begitu rupa tantangan dan rintangan akan dihadapi pebisnis saat mengarungi perjalanan bisnisnya. Meskipun banyak pebisnis yang menganggap bahwa tantangan dan kondisi tak tentu dari bisnis merupakan sebuah hal yang bersifat wajar dan biasa, namun banyak juga pebisnis yang ketar-ketir menghadapi situasi ini. Maka untuk membuat bisnis menjadi lebih terarah saat dijalani, semua pebisnis hendaknya perlu merancang sebuah rencana bisnis (business plan). Jika untuk menjadikan pelajaran lebih mengalir seorang guru akan menggunakan rancangan pembelajaran dan peta konsep, maka bagi pebisnis rancangan bisnis (business plan) inilah medianya. Lalu apa saja keguanaan dan mafaat dari business plan sesungguhnya bagi pebisnis? Berikut ulasannya.

1. Untuk Mengawali Sebuah Bisnis

Kegunaan pertama dari business plan adalah untuk merancang strategi dan rencana awal bisnis Anda. Sebuah usaha yang baru tentu saja akan sulit berkembang jika dijalankan tanpa sebuah panduan dan rancangan. Maka dengan menyusun sebuah rencana bisnis, Anda akan lebih terarah dan terorientasi menuju jalan yang benar menuju kesuksesan bisnis. Susunlah rencana bisnis Anda sedetail mungkin. Semakin detail dan lengkap business plan Anda ini akan semakin membuktikan bahwa bisnis Anda adalah bisnis yang serius dan memiliki arah. Dengan demikian nantinya dengan rencana bisnis yang baik, Anda akan semakin dimudahkan dan terbantu saat menjalankan roda bisnis. Dan akhirnya kesempatan dan peluang Anda untuk mengembangkan dan menumbuhkan perusahaan akan semakin besar.

2. Mencari Sumber Dana

Manfaat lain dari rencana bisnis yang telah Anda susun adalah untuk mendatangkan pemodal yang membantu bisnis Anda. Ya secara tidak langsung, rencana atau rancangan bisnis yang telah Anda buat bisa menjadi semacam proposal atau pelengkap proposal yang akan membantu Anda mendapatkan investor. Dengan adanya business plan yang baik, jelas dan terarah, maka pemodal akan tertarik dengan rancangan tersebut. Apalagi jika Anda juga mampu menjelaskan atau mempresentasikannya dengan baik, tentu investor akan semakin yakin dan percaya untuk bekerjasama menanamkan modalnya untuk bisnis Anda.

3. Membuat Bisnis Anda Lebih Fokus dan Terarah

Dunia bisnis yang begitu luas tentu akan membuat banyak pilihan dan akhirnya menjadikan pebisnis kebingungan dibuatnya. Maka agar tidak diombang-ambing dengan banyak pilihan dan tawaran serta beragam cara menjalankan bisnis yang ada, pebisnis perlu menyusun sebuah business plan atau rencana dan rancangan bisnis. Dengan adanya rencana bisnis ini Anda akan lebih fokus dan terarah dalam menentukan jenis bisnis, modal, strategi bisnis serta jenis pemasaran yang akan Anda gunakan.

4. Memprediksi Masa Depan

Kegunaan dan manfaat berikutnya dari business plan adalah memprediksi masa depan bisnis Anda. Tentu ketika Anda menyusun rencana bisnis, Anda akan membuat gambaran jangka pendek, menengah dan panjang bagi bisnis Anda. Nah di sinilah secara tidak langsung Anda telah melakukan ramalan atau prediksi tentang usaha Anda di kemudian hari. Meski sifatnya subjektif, namun dengan alur yang lengkap dan detail, bukan tidak mungkin bahkan memiliki kemungkinan yang besar, prediksi Anda tersebut terealiasasi dan menjadi kenyataan.

5. Untuk Menaikkan Level Bisnis Anda

Terakhir, kegunaan dan manfaat dari adanya business plan adalah adanya kesempatan untuk menaikkan level bisnis Anda. Rencana dan rancangan bisnis yang disusun dengan baik akan membawa gairah tersendiri bagi Anda sebagai pebisnis untuk menjalankan roda usaha. Nah, karena dari diri Anda sudah muncul semangat dan antusias dalam menggerakkan bisnis, maka perusahaan pun akan berpeluang besar tumbuh dan berkembang dengan cepat. Dengan keadaan ini tentu saja bisnis Anda telah naik level dari bisnis yang mungkin satu usia dengan bisnis Anda.

Maka dari itu jangan remehkan kekuatan yang ada dalam business plan ini. Cobalah membuat rencana bisnis ini dengan sebaik-baiknya dan bersiaplah untuk naik level dengan cepat.

Sumber : www.maxmanroe.com