10 Strategi Mengembangkan Bisnis Dengan Cara Peduli Pada Orang Lain

10 Strategi Mengembangkan Bisnis Dengan Cara Peduli Pada Orang Lain

Anda ingin mendapatkan kebaikan dengan berbuat baik dalam dunia usaha? Maka aktivitas berikut ini harus Anda praktekkan dalam kehidupan Anda sehari-hari. Sebelumnya Anda harus memahami sebuah teori yang bisa disebut “Strategi Perduli.”
Strategi yang mempraktekkan segala hal yang acapkali kita dengar, “Hidup adalah tentang apa yang anda berikan, bukan apa yang Anda dapatkan. Berbuat baiklah pada orang lain, maka kebaikan akan datang pada Anda. Anda harus menabung dulu sebelum bisa menarik uang kan?”

1. Ungkapkan Sebuah Pujian

Banyak sekali orang yang tidak sadar betapa buruknya mereka dalam memberikan pujian. Usaha yang tepat untuk memperbaikinya adalah dengan memberikan pujian
pada seseorang yang Anda anggap telah melakukan pekerjaannya dengan baik. Aksi ini adalah cara termudah untuk menebar kebaikan dan Anda tidak akan kehilangan
apapun.

2. Buatlah Sebuah Rekomendasi Yang Bagus

Sebuah saran ataupun rekomendasi yang bagus, bisa meningkatkan kepercayaan diri Anda. Rekomendasi yang baik adalah bermanfaat serta diperlukan oleh orang lain.
Jadi jangan enggan memberikan saran atau rekomendasi jika memang Anda mengetahui yang terbaik. Percayalah, semua kebaikan yang Anda lakukan meskipun itu
hanya sebuah saran pasti akan kembali pada Anda nantinya.

3. Mulai Bekerja Saja

Jangan terlalu banyak berfikir sesuatu, mulai saja bekerja dengan baik. Bisa dengan bekerja paruh waktu maupun dengan full time. Lakukan saja dengan maksimal dan
penuh dedikasi, semua yang Anda lakukan dengan dedikasi yang tinggi pasti akan bermanfaat bagi Anda baik langsung atau pun tidak.

4. Mencarikan Pekerjaan Untuk Orang Lain

Tidak bekerja memang menyedihkan, tapi masih ada banyak hal yang mempengaruhi buruknya finansial Anda. Jika Anda memiliki pekerjaan yang bagus, banyak orang
yang khawatir tentang berapa lama pekerjaan itu akan bertahan atau apakah waktu akan selalu bersahabat dengan Anda. Daripada mengkhawatirkan keberuntungan
Anda sendiri, akan lebih baik jika Anda membuat koneksi atau rekomendasi yang bisa membantu seseorang untuk mendapatkan pekerjaan, khususnya jika tidak ada
maksud tertentu pada diri Anda.

5. Ucapkan Terimakasih

Ada seseorang yang sangat sukses di bidangnya, saya telah mengamati perilakunya dan yang paling menonjol dari perilakunya adalah kebiasaannya dalam
mengucapkan terima kasih pada siapapun yang bekerja dan melakukan pekerjaannya. Seperti petugas parkir, asistennya sendiri, atau pekerja lain mendapatkan ucapan
terimakasih yang tulus darinya. Seiring berjalannya waktu, bisa kita sadari bahwa banyak orang akan menghargai semua bentuk penghargaan orang lain pada mereka
bahkan hanya dengan sebuah ucapan.

6. Memberikan Hal yang Berharga

Ada seorang penulis yang karyanya adalah beberapa buku tentang bisnis dan entrepreneur. Banyak orang mencarinya untuk menawari pekerjaan sebagai ghostwriter.
Banyak sekali pekerjaan yang potensial namun tidak cocok dengannya, maka dia menawarkan pekerjaan itu pada teman-temannya sesama penulis yang mungkin
membutuhkan pekerjaan itu. Menjodohkan pekerjaan menjadi cara yang hebat untuk berbuat baik dan melakukan kebaikan pada saat yang bersamaan.

7. Ajari Seseorang Untuk Berbuat Sesuatu yang Bermanfaat

Salah satu hal tersulit yang harus dipelajari oleh seseorang ketika berada pada masa transisi dari pekerja menjadi pemimpin adalah harus meluangkan waktu untuk
mengajari orang lain untuk membantunya dan tidak melakukan semuanya sendirian. Akhirnya kita semua merasa sangat berterimakasih pada orang lain yang telah
meluangkan waktu untuk membimbing kita dan terkadang kita mengenang mereka saat mereka sudah tiada.

8. Menjadi Pendengar yang Baik

Seringkali perlakuan terbaik yang harus kita lakukan adalah diam. Bukan hanya untuk menghindari berkata salah tapi untuk mendengarkan orang lain. Mendengarkan
bisa menjadi hadiah terbaik yang bisa kita tawarkan, cukup dengarkan dan pahami apa yang dikatakan orang lain.

9. Memberi Maaf

Kita semua pernah melakukan kesalahan dalam hidup. Kita semua pernah berbuat salah pada orang lain. Tentu juga karyawan maupun bawahan Anda pasti tidak bisa
terlepas dari kesalahan. Pimpinan juga demikian, pasti akan melalkukan kesalahan baik disengaja ataupun tidak. Biasakan memberi maaf pada siapapun, itu akan
membuat hidup Anda lebih bahagia dalam menjalankan bisnis.

10. Hadir Saat Dibutuhkan

Kemunculan Anda bisa memberikan harapan dan pengaruh pada pembicara atau pihak penyelenggara atau bahkan atasan Anda. Karena kehadiran Anda akan dianggap
sebagai dukungan dan partispasi terhadap pribadi penyelenggara atau bahkan pribadi atasan Anda. Kehadiran Anda adalah spirit moral yang sangat luar biasa. Dengan
hadir saja tanpa memberikan suatu apapun misalnya, itu adalah sebuah penghargaan yang sangat indah.

Sumber : www.maxmanroe.com